PT Mustika Minanusa Aurora (MMA)

PT Mustika Minanusa Aurora (MMA)
 

Ikhtisar

PT Mustika Minanusa Aurora, atau yang biasa disingkat dengan PT MMA, adalah perusahaan pembekuan ikan dan udang windu terbesar di Kalimantan Utara. Nama PT MMA sendiri sudah tidak asing bagi WWF-Indonesia karena telah bekerja sama sejak tahun 2006 untuk mengembangkan Kawasan Konservasi Mangrove Bekantan (KKMB) di Kota Tarakan. Pada tahun 2014, perusahaan yang berlokasi di Tarakan, Kalimantan Utara inimenandatangani Perjanjian Kerja Sama Pra-Anggota Seafood Savers dan pada tahun 2015 resmi menjadi salah satu anggota Seafood Savers.

Sebelum dan selama menjadi anggota Seafood Savers, banyak perbaikan-perbaikan praktik budidaya yang sudah dilakukan PT MMA. Mulai dari penanaman mangrove di sekitar tambak udang aktif maupun pasif, penerapan skema keterlacakan produk udang windu,sosialisasi larangan penggunaan bahan kima yang berbahaya dan dilarang, menyelenggarakan berbagai pelatihan Better Management Practices (BMP) budidaya udang windu, memfasilitasi studi PSIA dan BEIA serta kajian pemetaan issue gender dalam rantai perdagangan udang windu adalah beberapa contoh kegiatan yang dilakukan PT MMA dalam rangka pemenuhan Aquaculture Improvement Program (AIP).

Perusahaan ini membeli udang windu tersebut dari para petambak tradisional di sekitar Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Kemudian diekspor ke beberapa negara tujuan, seperti Jepang, Amerika Serikat, Taiwan, dan Belanda dalam bentuk beku.

PT MMA adalah perusahaan anggota Seafood Savers pertama yang mendaftarkan komoditas budi daya dalam program perbaikan yang difasilitasi oleh WWF-Indonesia menuju pencapaian sertifikasi Aquaculture Stewardship Council (ASC). Pada Agustus 2017, PT MMA berhasil memperoleh sertifikasi ASC.

Komoditas

Metode Budi Daya : Tradisional
Lokasi Budi Daya :

Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara

Penilaian

Link Penilaian

Hubungi Kami

 

SEAFOOD SAVERS (WWF INDONESIA)
GRAHA SIMATUPANG TOWER 2 UNIT C, 11TH FLOOR
JALAN LETJEN TB SIMATUPANG KAV 38
JAKARTA SELATAN – 12540
INDONESIA
PHONE +62 21 782 9461 | FAX +62 21 782 9462