FAQ

Kenapa sebaiknya menjadi anggota Seafood Savers? Apa keuntungannya?

Tren perikanan di dunia internasional mengarah kepada kebutuhan sustainable fisheries (praktek perikanan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan) yang berusaha menjamin ikan-ikan itu berasal dari sumber-sumber yang sustainable dan diperoleh juga dengan cara-cara yang sustainable. Untuk mendukung tren positif ini, diperlukan sertifikasi yang meyakinkan dan dapat dipercaya, yaitu MSC (Marine Stewardship Council) dan ASC (Aquaculture Stewardship Council). Seafood Savers mendampingi perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam industri perikanan untuk melakukan perbaikan praktik perikanan yang disebut sebagai Fisheries Improvement Project (FIP) dan Aquaculture Improvement Project (AIP), berdasarkan prinsip dan standar yang dikembangkan oleh MSC dan ASC tersebut.

Perusahaan atau lembaga yang sah secara hukum dan mempraktikkan bisnis perikanan tangkap maupun budidaya di wilayah perairan Indonesia. Klik Membership Requirement untuk lebih jelasnya.

Tidak sulit. Cukup memenuhi persyaratan yang ada di Membership Requirement. Untuk mendaftar, dapat mengisi form aplikasi yang bisa diunduh di sini.

Kurang lebih satu sampai dua tahun hingga menjadi anggota sah yang akan mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk publikasi dan pendampingan.

Setiap anggota dikenakan biaya keanggotaan yang besarannya USD 2.000 – USD 15.000 yang besaran spesifiknya tergantung pada nilai total omset perusahaan dari spesies yang didaftarkan. Ditambah biaya investasi oleh perusahaan yang sewaktu-waktu dapat dikeluarkan untuk memenuhi poin-poin perbaikan yang disarankan oleh sekretariat Seafood Savers.

Tidak menjamin, tapi tim Seafood Savers menerapkan pencapaian yang maksimal terhadap standar MSC dan ASC selama pendampingan dalam program Seafood Savers melalui Fisheries Improvement Project (FIP) atau Aquaculture Improvement Project(AIP) yang dijalankan perusahaan. Selain itu Seafood Savers pun memberikan pengakuan terhadap perikanan2 yang terlibat dalam FIP dan AIP, meski belum memperoleh sertifikat MSC atau ASC.

Hubungi Kami

 

SEAFOOD SAVERS (WWF INDONESIA)
GRAHA SIMATUPANG TOWER 2 UNIT C, 11TH FLOOR
JALAN LETJEN TB SIMATUPANG KAV 38
JAKARTA SELATAN – 12540
INDONESIA
PHONE +62 21 782 9461 | FAX +62 21 782 9462