Tujuan Seafood Savers

Tujuan berdirinya Seafood Savers adalah sebagai berikut:

APRESIASI : Memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang melaksanakan praktik-praktik perikanan bertanggung jawab.

ASISTENSI :  Memberikan asistensi teknis kepada perusahaan anggota untuk mendapatkan sertifikasi MSC dan atau ASC melalui kegiatan perbaikan perikanan tangkap dan budi daya.

PENGHUBUNG : Memfasilitasi pengadaan produk perikanan yang bertanggung jawab melalui hubungan bisnis yang terjalin antara produsen, ritel dan institusi keuangan yang menjadi anggota Seafood Savers.

ADVOKASI : Mengadvokasi kebijakan nasional yang mendukung industri perikanan yang berkelanjutan.

EDUKASI : Mengedukasi konsumen mengenai pentingnya memilih dengan bijak produk-produk perikanan yang bertanggung jawab.

Dokumen Terkait

doc-icon Profil Seafood Savers: Versi Bahasa Indonesia

Solusi Bisnis bagi Perikanan Berkelanjutan

doc-icon Seafood Savers Profile: English Version

Bussiness Solution for Sustainable Fisheries

Artikel Terkait


Ekolabel

Seafood Savers mengacu pada standar CCRF (Code of Conduct for Responsible Fisheries) FAO 1995 yang diturunkan menjadi sertifikasi ekolabel Marine Stewardship Council (MSC) untuk perikanan tangkap dan Aquaculture Stewardship Council (ASC) untuk perikanan budi daya. MSC dan ASC adalah sertifikasi pihak ketiga yang diinisiasi oleh WWF beserta para mitranya yang diakui secara global. Kedua sistem sertifikasi ini bertujuan untuk menetapkan standar keberlanjutan maksimum dalam praktik-praktik perikanan.

Aquaculture Stewardship Council (ASC) adalah organisasi independen non-profit yang mempunyai misi untuk mewujudkan praktik perikanan budi daya yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. ASC resmi berdiri pada tahun 2010 atas inisasi WWF dan the Dutch Sustainable Trade Initiative (IDH). Standar praktik perikanan budi daya yang digunakan oleh ASC berasal dari proses Aquaculture Dialogue yang dikoordinir oleh WWF, dimana proses tersebut melibatkan banyak pihak; akademisi, pemerintah, LSM, praktisi, dan industri, dari seluruh dunia. Sertifikasi ASC dilakukan oleh pihak ketiga yang telah terakreditasi oleh ISEAL (http://www.isealalliance.org/) dan ASI (http://www.accreditation-services.com/) untuk menjamin kualitas dan independensinya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik disini.

Marine Stewardship Council (MSC) adalah organisasi independen non-profit yang menetapkan standar dan kriteria perikanan tangkap alam yang berkelanjutan. MSC telah mengembangkan standar untuk penangkapan ikan yang berkelanjutan dan dapat ditelusuri asal-usulnya. MSC didirikan pada tahun 1997 oleh WWF dan Unilever, serta menjadi independen sepenuhnya pada tahun 1999. MSC menetapkan dan menjaga standar lingkungan untuk penangkapan ikan berkelanjutan dan metode untuk bagaimana menjamin praktik perikanan tersebut. Sertifikasi MSC dilakukan oleh pihak ketiga yang telah terakreditasi oleh ISEAL (http://www.isealalliance.org/) dan ASI (http://www.accreditation-services.com/) untuk menjamin kualitas dan independensinya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik disini.

Artikel Terkait