Berita & Publikasi

Kegiatan Lingkungan oleh Produsen Udang di Jember

Oleh: WWF-Indonesia -  


©Audra Melton / WWF-US
©Audra Melton / WWF-US

Jember, 10 Januari 2020 – Bergabung dengan program perbaikan perikanan WWF Indonesia melalui keanggotaan Seafood Savers pada 2017, PT Mega Marine Pride menjadi salah satu perusahaan yang berkomitmen untuk mulai menerapkan sistem budidaya perikanan berkelanjutan pada sebagian produksinya dengan mengacu pada prinsip-prinsip Aquaculture Stewardship Council (ASC). Perusahaan telah mendapatkan sertifikasi ASC untuk salah satu supply chain mereka, PT Delta Guna Sukses di Jember, dan saat ini sedang dalam proses surveillance audit pertama oleh auditor terakreditasi. Dengan komitmen dan dukungan pengelolaan tambak yang baik oleh PT Delta Guna Sukses, perusahaan tetap mempertahankan status sebagai salah satu perusahaan yang memiliki sertifikasi ASC.

Dalam rangka mendukung budidaya yang berkelanjutan ini pula, PT Mega Marine Pride terus melakukan berbagai macam program lingkungan yang terintegrasi dalam berbagai kegiatan CSR. Ditambah lagi dengan efek pemanasan global yang muncul beberapa decade ini, PT Mega Marine Pride Group mengambil langkah konservasi lingkungan dengan menanam ribuan pohon bakau dan cemara di Kabupaten Jember.

Komitmen terhadap penerapan prinsip-prinsip yang tertuang dalam ASC diwujudkan dalam berbagai aktivitas seperti penerapan sistem pengolahan limbah sehingga mampu meminimalisir pencemaran, penggunaan pakan yang memiliki ketelusuran dan sumber fish oil dan fish meal yang baik (dari sumber perikanan yang bertanggungjawab), serta kegiatan perbaikan ekosistem sekitar tambak dengan melakukan penanaman mangrove dan vegetasi pantai lainnya. Sampai tahun 2019 PT DGS telah melakukan penanaman sebanyak 2700 pohon mangrove, 3000 pohon cemara udang dan 1000 pohon Jaranan.

Dalam rangka terus mendukung upaya budidaya yang berkelanjutan ini pula, PT Mega Marine Pride terus melakukan berbagai macam program melalui kegiatan CSR. Ditambah lagi dengan efek pemanasan global yang kian terasa, PT Mega Marine Pride Group mengambil langkah konservasi lingkungan dengan kembali menanam ribuan pohon bakau dan cemara di Kabupaten Jember.

Penanaman pohon merupakan implementasi dari empat pilar CSR PT Mega Marine Pride Group dan merupakan salah satu kegiatan Aquaculture Improvement Project (AIP) atau perbaikan praktik budidaya udang bersama WWF Indonesia. Program ini bertujuan untuk ikut mendukung keberlanjutan lingkungan yang melibatkan sinergi kerja sama antara perusahaan, masyarakat dan pemangku kepentingan. Acara penanaman dihadiri oleh Managing Director PT MMP Group, Rachmad Hartojo, beserta jajaran direksi lainnya.

Adi Surya Dewanto mewakili Direksi PT Mega Marine Pride Group menyampaikan bahwa penanaman pohon perlu digiatkan agar tercipta lingkungan hijau dan bersih. Penanaman pohon ini merupakan salah satu program CSR PT Mega Marine Pride Group yang telah dijalankan sejak 2008 silam. Lokasi yang kali ini ditanami pohon terletak di Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember. Total sebanyak 1500 pohon ditanam yang terdiri dari 1000 bibit pohon cemara udang (Casuarina equisetifolia) dan 500 bibit pohon bakau genjah (Rhizophora mucronata).

“Bertambahnya pohon akan menambah jumlah oksigen yang sangat penting untuk ekosistem. Penanaman yang kita lakukan merupakan langkah penting untuk menahan abrasi dan memecah ombak apabila terjadi tsunami. Kali ini kita menambahkan penanaman bibit cemara sebagai bentuk dukungan terhadap program lingkungan dari pemerintah”, terang Adi Surya Dewanto.

© MMP
© MMP

Melalui kegiatan ini, PT Mega Marine Pride Group menunjukan bahwa upaya yang berdampak langsung kepada lingkungan dapat dilakukan dengan sinergi berbagai pihak. Kegiatan penanaman kali ini melibatkan perusahaan buyer (Costco Wholesale), NGO, Babinsa, Kepolisian dan masyarakat setempat.

“Kami merasa senang dan bangga menjadi bagian dari kegiatan ini. Semoga Mega Marine Pride group bisa terus mempertahankan dan konsisten terhadap kegiatan lingkungan semacam ini di tahun-tahun yang akan datang,” ungkap Robert Huskey, Vice President Costco Wholesale.

Selain program lingkungan juga dilakukan program kesehatan yaitu layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk warga sekitar. Kegiatan ini berlangsung pada hari yang sama Jumat (10/01) di PT Delta Guna Sukses salah satu group Mega Marine Pride. Dalam kegiatan CSR tersebut tercatat ada 119 warga dari tiga Desa yaitu Kepanjen, Mojomulyo dan Mayangan yang mendapatkan pelayanan.

Berita Terakhir