Berita & Publikasi

Kenali Status Seafood Favoritmu, Cek Seafood Advisor Sekarang!

Oleh: Felipa Kissa(Marine Communication Assistant), M. A. Indira Prameswari(Seafood Savers Communication Assistant) -  


Peluncuran Panduan Konsumen Seafood - Seafood Advisor pada kampanye "Dukung Seafood Ramah Lingkungan di Pasar Domestik" di Jakarta, 2021. © Yayasan WWF Indonesia / Antonius Hendry Wijaya
Peluncuran Panduan Konsumen Seafood – Seafood Advisor pada kampanye “Dukung Seafood Ramah Lingkungan di Pasar Domestik” di Jakarta, 2021. © Yayasan WWF Indonesia / Antonius Hendry Wijaya

Kabar gembira bagi pecinta seafood Indonesia! Yayasan WWF Indonesia baru saja merilis Panduan Konsumen Seafood “Seafood Advisor” pada 23 Desember 2021 menyusul versi lama pada tahun 2015. Mengikuti arus perkembangan perikanan di Indonesia, panduan ini disusun untuk membantu konsumen seafood di Indonesia dalam memilih produk seafood yang ramah lingkungan. Seafood Advisor dirilis pada kampanye “Dukung Produk Seafood yang Ramah Lingkungan di Pasar Domestik” yang didukung oleh Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan dimeriahkan pelaku industri perikanan, serta konsumen seafood secara daring. Penilaian panduan ini disusun berdasarkan prinsip-prinsip perikanan berpendekatan ekosistem dan standar perikanan berkelanjutan global.

Seafood Advisor dirangkum untuk memudahkan konsumen dalam memilih produk seafood yang ramah lingkungan  dan menjadi salah satu referensi bagi industri di hilir (hotel, retail dan restoran) dalam menyediakan seafood secara bertanggungjawab. Dalam Seafood Advisor terdapat tiga kelompok produk seafood yang perlu diketahui oleh konsumen: produk yang perlu dihindari, produk yang perlu dipertimbangkan, dan produk pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Ketiga kategori ini ditandai dengan label warna  yang berbeda, yakni warna merah untuk Hindari, warna kuning untuk Pertimbangkan, serta warna hijau untuk Pilihan Terbaik. Adapun kategori daftar hitam khusus untuk spesies laut yang dilindungi.

Yayasan WWF Indonesia dalam program Seafood Savers mengajak konsumen untuk mendukung perikanan ramah lingkungan secara kolektif dengan para pelaku industri perikanan. Dukungan konsumen dalam mengetahui sumber ikan yang mereka beli dan memilih ikan dengan benar dapat mendukung perbaikan perikanan di Indonesia. Dr. Imam Musthofa, Kepala Program Kelautan dan Perikanan – Yayasan WWF Indonesia menjelaskan butuh partisipasi aktif pelaku usaha dari hulu ke hilir; mulai dari nelayan dan pembudidaya sebagai produsen, unit pengolahan ikan, pengusaha ritel, hingga konsumen  memiliki peran krusial dalam mewujudkan ketersediaan produk seafood ramah lingkungan di pasar domestik.

Dukungan produk seafood ramah lingkungan juga datang dari pihak pemerintah. Direktorat Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh Erwin Dwiyana berpendapat bahwa skema perikanan ramah lingkungan cocok untuk tingkat konsumsi ikan yang cukup tinggi di Indonesia. Selain itu, Erwin juga menegaskan beberapa strategi yang dilakukan pemerintah untuk mendukung perikanan ramah lingkungan, seperti pengelolaan perikanan dalam kebijakan penangkapan terukur, pengembangan perikanan budidaya berbasis riset, serta pengembangan kampung perikanan budidaya yang berbasis kearifan lokal.

Seafood ramah lingkungan tersedia di beberapa ritel di Indonesia. Raja Muhammad selaku perwakilan tamu dari AEON Mall BSD dalam kegiatan Kampanye Dukung Produk Seafood Ramah Lingkungan di Pasar Domestik tgl 23 Desember 2021 mengungkapkan bahwa perusahaannya berusaha mematuhi peraturan pemerintah yang melarang perdagangan spesies laut dilindungi. Namun, Raja juga menyayangkan tidak semua pelaku bisnis seafood mematuhi peraturan pemerintah karena masih adanya permintaan dari pasar akan produk-produk seafood yang tidak boleh diperdagangkan. Hal ini menjadi panggilan bagi pemerintah dan elemen pendukung dalam pasar perikanan domestik lainnya untuk turut mengawasi dan kepada konsumen untuk meminimalisir permintaan akan produk dilindungi.

Masyarakat saat ini dapat mengunduh Seafood Advisor – Panduan Konsumen Seafood versi 3.0 dalam bentuk aplikasi WWF Seafood Advisor melalui Google Play Store atau PDF melalui Pusat Unduhan Seafood Savers. Sedangkan aplikasi pada Apple Play Store akan tersedia pada Maret 2022.

Berita Terakhir