PT Matsyaraja Arnawa Stambhapura

Overview

PT Matsyaraja Arnawa Stambhapura (PT MAS) merupakan perusahaan produsen ikan karang laut dalam. Perusahaan ini berdomisili di Kupang, Nusa Tenggara Timur. PT MAS secara resmi didirikan pada Maret 2019 dan resmi bergabung dalam keanggotaan Seafood Savers sejak 27 Mei 2021. Perusahaan ini beroperasi dengan menjual ikan tuna segar, kan todak, cumi-cumi, gurita, lobster, udang, dan beberapa ikan demersal. Perusahaan menjual sebagian besar produknya (60%) ke pasar domestik, seperti hotel, pasar, pedagang di Bali, dan pengepul. Sisanya (40%) didistribusikan ke PT IAMBEU Mina Utama untuk selanjutnya akan diekspor ke berbagai negara. 

Komoditas yang didaftarkan oleh PT MAS untuk program perbaikan antara lain adalah kakap (Lutjanidae sp., Pristipomoides sp., dan Etelis sp.).

Lokasi penangkapan ikan kapal PT MAS berada di Samudera Hindia pada Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPP-RI) 573. Kapal dengan ukuran 5 GT memiliki waktu melaut selama 1 hari (one day fishing) sedangkan kapal diatas 5 GT memiliki waktu melaut hingga 15 hari (multidays fishing). Kapal dengan ukuran lebih dari 5 GT membawa 100 – 200 kg umpan dalam satu kali melaut dengan jumlah 10 anak buah kapal.

Komoditas

Kakap
  • Aquaculture Method :Dropline, Bottom Longline
  • Location of Farm : WPP 573

Summary Progress

Pendampingan dilakukan oleh tim Yayasan WWF Indonesia dalam melakukan program perbaikan perikanan PT MAS dimulai pada bulan Agustus 2021. Kegiatan diawali dedngan diskusi rencana aksi program perbaikan perikanan.

PT MAS dan mitra telah melakukan kegiatan pendataan dan pengajian informasi yang berhubungan dengan hasil tangkapan dan armada perikanan. Bekerjasama dengan stakeholder lain untuk memperbaiki stok di alam.

Grafik 1
0%
0%
33%
Grafik 2
0%
0%
0%

Perkembangan FIP

Penilaian

Tahun Semester 1 Semester 2
2022