PT Iambeu Mina Utama

Overview

PT Iambeu Mina Utama (PT IAMBEU) adalah perusahaan pemrosesan produk perikanan yang berpusat di Denpasar, Bali. Perusahaan ini menjual berbagai macam produk perikanan hasil tangkapan alam maupun budidaya. Namun dalam keanggotaannya di Seafood Savers, PT IAMBEU mendaftarkan komoditas budidayanya saja.

Perusahaan ini telah aktif menjadi anggota Seafood Savers sejak Desember 2017. PT IAMBEU mendaftarkan dua komoditasnya yang dibudidayakan, yakni barramundi (Lates calcarifer) dan kerapu cantang (Ephinepelus sp.) ke dalam Program Perbaikan Perikanan Budidaya (Aquaculture Improvement Program). Keduanya diproduksi oleh perusahaan lokal yang berlokasi di Singaraja, Bali.

Fokus pemasaran utama produksi PT IAMBEU adalah untuk pasar internasional, seperti Australia, Amerika Serikat, Jepang, dan Taiwan. Namun, PT IAMBEU juga memiliki pasarnya tersendiri di dalam negeri yang mereka dagangkan di Denpasar, Bali. Dengan menjalankan Program Perbaikan Perikanan Budidaya, diharapkan PT IAMBEU dapat memproduksi barramundi dan kerapu cantang berkelanjutan dan, pada akhirnya, berekolabel.

Produk
Fillet
Segar
Head and Gutt Less
Gill and Gutt Less

Sertifikasi
CPIB
HACCP
SKP

Komoditas

Kakap, Kerapu
  • Aquaculture Method :Intensif
  • Location of Farm : 08° 11’10.93” LS dan 114° 49’25.80” BT

Summary Progress

Kegiatan pemenuhan data dan dokumen serta aktivitas AIP ASC di PT Bali Baramundi (PT BBM) masih berjalan sesuai dengan workplan dan standar ASC Tropical Marine Finfish TMFF) yang terdiri dari 7 prinsip. Secara umum ada beberapa kegiatan pendampingan yang sudah maupun sedang dilakukan yaitu pendampingan pemenuhan syarat legalitas dilakukan dengan membantu memfasilitasi, mencarikan dan menyediakan informasi terkait dengan pengesahan RZWP3K Provinsi Bali, membantu mengingatkan untuk memperpanjang dokumen yang masa berlakunya sudah mau habis, serta membantu mengumpulkan dan menyediakan salinan dokumen legalitas yang sudah dimiliki untuk mempermudah dalam pelaksanaan audit.

Pendampingan persyaratan pemenuhan lingkungan dilakukan dengan mengawal finalisasi laporan kajian BEIA yang telah dilakukan pihak ke-3 (konsultan). Kegiatan lain yang dilakukan dalam pemenuhan isu lingkungan diantaranya pengukuran kualitas air buangan untuk mengetahui nilai presentase DO saturasi, pengukuran nilai konduktivitas air dan tanah di sumur dan tanah sekitar lokasi Hatchery, pengumpulan data penggunaan energi, pengumpulan data penggunaan pakan harian serta data penggunaan bahan kimia dan obat-obatan dalam proses budidaya.

Compliance terhadap ASC
70%
Compliance terhadap Workplan
80%

Penilaian

Tahun Semester 1 Semester 2