PT Jaring Aruna Dagang Indonesia

Overview

Aruna adalah integrated fisheries commerce dan supply chain aggregator di Indonesia yang merevolusi rantai pasok perikanan Indonesia, serta menghungkan nelayan skala kecil ke pasar yang lebih luas melalui teknologi. Aruna juga berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan inklusi ekonomi dan menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Aruna didirikan oleh tiga orang yang memiliki mimpi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat maritim dunia pada tahun 2045 mendatang.

Aruna bersama nalayan binaannya berkomitmen untuk melakukan perbaikan perikanan tangkap (Fisheries Improvement Program) dalam 5 tahun keanggotaanya untuk mencapai standarisasi Marine Stewardship Council (MSC).

Aruna Indonesia resmi bergabung ke dalam program perbaikan perikanan tangkap di Seafood Savers sejak Mei 2023. Komoditas yang didaftarkan untuk fokus perbaikan perikanan tangkap adalah Rajungan.

 

Komoditas

Summary Progress

PT. Jaring Aruna Dagang Indonesia (Aruna) adalah perusahaan perikanan terintegrasi yang berperan sebagai agregator rantai pasok dalam menghubungkan langsung nelayan skala kecil ke pasar global dengan bantuan teknologi. Aruna mengoperasikan bisnis di 90% provinsi di Indonesia, dengan 40.000 nelayan yang diberdayakan.

Grafik 1
5%
0%
33%
Grafik 2
0%
0%
0%

Progress FIP

Penilaian

Tahun Semester 1 Semester 2
2023